Kamis, 24 Mei 2012

Jadi?

Jadi??

Keberhasilan mahasiswa?

Keberhasilan mahasiswa ditentukan dari apa?

Kalau hal itu ditentukan dari IP tinggi yang dicapai
Maka aku mahasiswa gagal

Jika itu ditentukan dari seberapa aktif di organisasi
Maka aku mahasiswa gagal

Jika hal itu ditentukan dari seberapa banyak mata kuliah yang diambil
Maka aku mahasiswa gagal

Jika itu ditentukan dari seberapa banyak teman dan pengalaman
Maka aku mahasiswa gagal

Jika hal itu ditentukan dari pengembangan diri menjadi lebih baik, lebih bijak
Maka aku mahasiswa gagal

Jika itu ditentukan dari seberapa aktif dan perhatian di kelas
Maka aku mahasiswa gagal

Apakah begitu?
IP ku hanya segitu
Organisasi?
Mata kuliah ku
Teman? Pengalaman?
Berubah kah?
Aktif-pasif-memperhatikan..?

Apakah aku gagal... sepenuhnya?

Tapi aku tidak berhenti, aku tidak bisa berhenti disini..
Memang menyilaukan melihat teman-temanku
Semantara aku meredup sendiri
Tapi bagaimana, mereka, orangtuaku, percaya padaku
Aku tidak boleh berhenti
Aku akan maju, karena mereka
Satu-satunya kekuatanku untuk tetap bertahan disini
Meskipun aku sendiri, remuk...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar